Heboh, Warga Sukatani Temukan Semburan Gas

Bagikan Berita Ini
  • 37
    Shares

Lokasi semburan gas di TPU Al-Amin, Kp Gandu RT 01/01, Sukamulya, Sukatani.

NKORANSIDAK.CO.ID – Warga Kampung Gandu RT 01/RW 01 Desa Sukamulya Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi digegerkan dengan keluarnya asap beraroma gas dari lubang tanah berdiameter sekitar lima sentimeter yang berada dilokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Al-Amin, yang terletak di Kampung Gandu, RT 01/01, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi, Jumat (16/2).

Menurut Samsul ( 42 ) petugas  pemakaman setempat, Kamis (15/2), sekitar pukul 17.25 WIB saat dirinya hendak menyalakan lampu di areal TPU, tiba-tiba ia melihat ada asap dan suara gemuruh yang keluar dari dalam tanah, letaknya tidak jauh dari tiang listrik di dalam areal pemakaman.

“Pas saya raba dengan tangan, tanah yang beregemuruh tersebut ternyata terasa sangat panas,” terangnya.

Kemudian Samsul mencoba menggali tanah yang bergemuruh itu.

Dengan rasa penasaran dan sedikit tidak percaya, Samsul melihat dengan mata kepalanya ada air yang mendidih seperti sedang dipanaskan di atas kompor.

“Uap airnya sangat bau menyengat  sepeti bau gas. Lalu segera saya laporkan kejadian ini ke Tamin, Ketua RT di kampung saya agar segera dilaporkan ke pemerintah tingkat kecamatan dan kepolisian agar segera dikoordinasikan kepada pihak terkait yang membidangi tentang gas bumi,” kata samsul.

Terpisah, Rama selaku Kasi Trantib Kecamatan Sukatani mengatakan, saat menerima laporan dari Ketua RT dan warga kampung Gandu, Rama beserta anggotanya segera melakukan pengamanan di lokasi penemuan gas tersebut.

Hal itu, kata Rama, bertujuan agar warga tidak mendekati lokasi keluarnya gas, untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan.

“Kita juga sudah melaporkan hal ini ke pimpinan yaitu Ibu Bupati dan ke BPLHD. Insya Allah dari BPLHD datang ke lokasi. Makanya, kita bersiap di lokasi. Karena memang kebetulan ini hari libur, jadi kami tetap standby di lokasi,” kata Rama.

Berdasarkan laporan dari warga pihak Pertamina aset 3 Tambun dipimpin Romulyadi dan tim langsung turun melakukan pengecekan temuan gas itu.

Saat dikonfirmasi, kepada koransidak.co.id di lokasi, Romulyadi dari Tim  Pertamina Aset 3 Tambun mengatakan, etelah dilakukan pengecekan gas yang keluar di TPU Al-Amin Kampung Gandu, mengandung Hydrokarbon 0%, O2 20.8% (normal). dan CO 0ppm H2S 0 ppm (sangat  Aman). (*)

Reporter: Mulyadi Effendi
Editor: Budhie Uban