Puting Beliung Hantam 44 Rumah Warga Kampung Elo

Bagikan Berita Ini

KORANSIDAK.CO.ID – Sedikitnya 44 rumah mengalami rusak berat di dua Kecamatan di Kabupaten Bekasi yakni Kecamatan Sukatani dan Karang Bahagia, lantaran diterjang angin puting belitung, Senin (12/2) malam sekitar pukul 23.00 WIB saat hujan mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Bekasi.

Seperti diungkapkan Kemis (50), warga Kampung Elo RT 02/04 Desa Sukamanah. Ia menjelaskan, sebelum angin kencang datang hujan ringan terlebih dahulu mengguyur Kampung Elo. Setelah selang beberapa lama angin kencang datang.

“Datangnya angin puyuh (puting beliung) sekitar pukul 23.00 Wib sampai jam 01.00 Wib, warga kaget karena anginnya kencang dan ada suara bergemuruh,” ucap Kemis

Kemis menambahkan, angin yang semakin kencang seperti gumpalan asap menghantam rumah warga, atap rumah warga yang terbuat dari seng dan asbes berterbangan dan juga banyak genting yang jatuh.

“Padahal kita lagi asik ngobrol ngalor-ngidul ngomongin Pilgub, sontak warga yang di dalam rumah pada berhamburan keluar takut tertimpa runtuhan bangunan rumah” ucap dia

Namun katanya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja banyak rumah yang rusak ringan dan berat.

“Rumah saya aja gentingnya banyak yang jatuh, dan asbes yang di dapur pada berterbangan” kata dia.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Aspuri mengaku pihaknya belum mendapatkan laporan tertulis dari kedua camat dan sejauh ini hanya mendapatkan informasi dari kepala bidang (Kabid), terkait peristiwa puting belitung yang menghantam 44 rumah di kecamatan Sukatani dan Karang Bahagia.

“Kabid juga tahu informasi puting belitung dari warga, dan kita baru lakukan assesment,” ujar dia.

Dikatakan Aspuri, pihaknya tidak bisa berbuat banyak dan hanya melakukan pendataan bila ada rumah yang rusak akan diarahkan ke Dinas PUPR dan Dinas BPMPD.

“Anggaran kita tidak ada kalau untuk perbaikan, paling kita bantu warga dalam logistiknya,” pungkasnya. (KSD)