Jika Diperhatikan Pemkab, Pantai Bungin Muara Gembong Bakal Jadi Destinasi Wisata Bahari di Kabupaten Bekasi

\"\"

KORANSIDAK.CO.ID – Pantai Bungin, yang terletak di Desa Pantai Bakti,  Kecamatan Muara Gembong,  Kabupaten Bekasi yang memiliki garis pantai Laut Jawa yang panjangnya membentang di wilayah utara Kabupaten Bekasi dan berbatasan  Kabupaten Karawang.

Di sepanjang garis pantai tersebut, terhampar pantai yang indah dengan ciri khasnya sendiri.

Pantai dengan hamparan pasir yang  memanjang dan bentangan alam serta panorama yang begitu indah dan menawan menambah pesona wisata yang tak bisa dilupakan bagi mata yang memandang.

\”Pantai Bungin ini perlu ada penataan dan pelestarian mangrove dari pihak pemangku kebijakan,\” kata sejumlah warga Kecamatan Muara Gembong.

Sementara itu, Komunitas Rakompas yang mengunjungi Pantai Bungin, Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong itu, bukan hanya sekedar berkunjung, namun mereka datang untuk menyantuni anak yatim yang ada di sekitar Pantai Bungin.

Dengan melihat langsung kondisi Pantai Bungin, mereka berpendapat bahwa pantai Bungin bisa dijadikan wisata bahari. Karena selain Kampung Muara Bungin yang memilik warga nelayan, di pantainya pun memiliki hamparan pasir yang luas dan mangrove.

\”Pantai Bingin ini patut mendapat perhatian serius dari Pemerintah khususnya Pemkab Bekasi dalam hal ini Dinas Pariwisata,\” kata Nasim (47), Ketua Nelayan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi yang ditemui koransidak.co.id, Minggu (21/1).

Nur Akbar, salah satu pencinta dan pelestari pantai mengatakan, Pantai Bungin kini secara perlahan akan menjadi destinasi wisata bahari di Muara Gembong.

\”Dulunya pantai ini belum dilirik, tetapi lewat pendekatan masyarakat setempat, kini potensinya mulai terlihat, sehingga dikunjungi ratusan orang Bekasi yang tergabung dalam komunitas Rakompas,\” ungkap Nur Akbar salah satu pecinta pelestari pantai .

\”Kalau bukan kita orang Bekasi yang lebih dulu melihat Pantai Bungin, mau siapa lagi. Mau jelek atau bagus ini pantainya orang Bekasi juga,\”  katanya

Pantai Bungin kata dia, merupakan salah satu potensi wisata bahari yang terpendam di Muara Gembong.

\”Dengan garis pantainya yang sangat panjang, rasanya ke depan akan menjadi salah satu destinasi wisata nomor satu di utara Kabupaten Bekasi. Kami merasa terbantu dengan pemandu pantai tersebut, semula kami tidak tahu ada pantai di Muara Gembong. Saat ini kami menjadi tahu bahwa pantai yang ada di utara Kabupaten Bekasi ini ternyata mempunyai potensi yang luar biasa dan mungkin patut dilestarikan,\” kata Nasarudin Ketua Komunitas Rakompas. (*)

Reporter: K. Sasmita
Editor: Budhie Uban