Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Bakal Fasilitasi Kebutuhan Petani Atas Subsidi Benih Padi

Bagikan Berita Ini

Ade Winata, Kasi Produksi Tanaman Pangan pada Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kab. Bekasi

KORANSIDAK.CO.ID – Menanggapi keresahan petani di wilayah Kecamatan Babelan khususnya di Desa Pantai Hurip dan Hurip Jaya akan sulitnya mendapatkan benih padi vaietas unggul tahan kekeringan, Ade Winata Kepala Seksi (Kasi) Produksi Tanaman Pangan pada Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi meminta, agar para petani segera mengusulkan ke Dinas Pertanian mengenai kebutuhan benih padi tersebut.

“Petani bisa mengusulkan ke Dinas Pertanian untuk mendapatkan benih padi varietas unggul tersebut untuk mendapatkan harga subsidi,” terang Ade Winata, Kamis (18/5).

Menurutnya, masyarakat petani bisa membeli dengan keringanan harga sebesar Rp 2,500 per kilogram, melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, meski harga sebenarnya Rp 10,000 hingga Rp 12,500 per kilogram. Harga tersebut, sambungnya, sudah termasuk ongkos kirim.

(Baca juga: Petani Babelan Resah, Sulit Dapatkan Benih Padi Varietas Unggul Tahan Kekeringan )

“Kita akan fasilitasi para petani ke pihak produsen untuk membeli benih padi dengan harga subsidi sebesar Rp 2,500 perkilogram. Benih subsidi tersebut akan dikirim sampai ke titik bagi, tidak ada biaya menurunkan barang dan tidak ada biaya lainnya,” ujarnya.

Namun, kata dia, subsidi untuk empat petani sebanyak dua hektar. “Maksimal jatah untuk empat petani hanya sebanyak dua hektar, tidak bisa lebih,” tandasnya.

Dia menyarankan, agar usulan tersebut melalui kelompak tani supaya mendapatkan subsidi benih lebih banyak. “Ya lebih baik melalui kelompok tani agar subsidi yang didapat bisa lebih banyak lagi,” bebernya. (*)

Reporter:  Budhie Uban