Horee !! Petani Babelan Dapat Bantuan Sumur Pantek dan Mesin Pompa Air

Bagikan Berita Ini

KORANSIDAK.CO.ID – Untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim yang akan  terjadi pada musim kemarau, kelompok tani Desa Pantai Hurip dan Desa Hurip Jaya Kecamatan Babelan pada 2017 ini akan mendapat bantuan  dari provinsi (Banprov) berupa sumur pantek  sebanyak 5 buah dan  1 unit mesin pompa air.

Hal itu dikatakan Riadi, petugas POPT Provinsi Jawa Barat yang bekerja di wilayah Kecamatan Babelan,  Kabupaten Bekasi, Selasa (16/5).

Dampak perubahan iklim terhadap ketahanan tanaman, kata dia, karena  sulitnya air di musim kemarau  yang membuat air di saluran irigasi  menjadi berkurang.

“Akibat banyaknya sawah yang tidak teraliri air tidak sedikit petani yang rela menunggu di saluran irigasi berjam-jam lamanya untuk memdapatkan air,” bebernya.

Dengan diberikannya  bantuan tersebut, lanjut Riadi, sasaran utamanya adalah daerah rawan bencana alam.

Kata Riadi, bantuan tersebut bertujuan untuk mengatasi kesulitan air bagi tanaman padi pada musim kemarau tahun ini..

Saripudin, Ketua Kelompok Tani Gempol Jaya,  Desa Pantai Hurip, Kecamatan Babelan mengatakan, lokasi sawah rawan kekeringan di wilayah Desa Pantai Hurip berada di lingkungan persawahan RT 08/04 dan RT 09/05 .

Menurut Saripudin,  memasuki musim tanam kemarau ini, sudah dirasa petani mengenai keberadaan  debit air di saluran irigasi yang sudah berkurang.

“Dengan adanya bantuan sumur pantek dan mesin sedot, maka akan dapat mengurangi beban biaya tambahan petani,” ujar Saripudin.

Senada dikatakan Harun (67), Ketua Kelompok Tani Jaya, Desa Hurip Jaya. Menurut dia, setiap musim kemarau  membuat petani kewalahan. Karena petani banyak yang kehabisan modal di tengan jalan saat mengolah tanaman padi di sawahnya itu, sehingga tertunda.

“Petani biasanya nekad melakukan tanam padi pada musim kemarau, meski diketahuinya bakal mengalami kekeringan. Jika mendapatkan sumur pantek mungkin itu solusinya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Karta Sasmita