DIRUS PDAM: Saluran BUT 5-6 Kebalen Bersih Bisa Bantu PDAM Babelan

Bagikan Berita Ini

KORAN SIDAK – Maman Sudarman, Direktur Usaha (Dirus) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi mengatakan, dengan dibersihkan sampah di saluran air ini sangat membantu keberadaan PDAM khususnya cabang Babelan.

Menurutnya, air bersih sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi PDAM cabang Babelan ini sudah ada WTP baru yang sebentar lagi akan dioperasikan.

“WTP yang baru ini dengan kapasitas tampung cukup besar untuk bisa melayani kebutuhan masyarakat Babelan,” katanya seraya mengatakan, jika saluran air tersumbat sampah maka akan menjadi hambatan bagi PDAM.

Juru Perawatan Irigasi Babelan PJT II Bekasi, Muhtar Guntay mengatakan, mengenai pemelihaan saluran air itu diakuinya adalah kewajiban pihak PJT.

Pihaknya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang membantu membersihkan sampah di saluran itu terutama kepada pihak PDAM. Dengan demikian, kata dia, setelah saluran air dibersihkan, debit air akan bertambah dan akan bisa memenuhi kebutuhan air baku PDAM juga persawahan di hilir Babelan ini.

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi, Usep akan membawa alat berat (Beko) untuk mempercepat proses pengerukan sampah di saluran itu. “Pa Dirus, besok pakai beko aja biar cepat,” kata Usep meminta Direktur Usaha PDAM untuk membawa beko.

Diberitakan sebelumnya, PDAM Tirta Bhagasasi yang bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta (PJT) II akhirnya merekruit sebanyak 100 orang untuk membersihkan sampah yang menyangkut di jembatan saluran BUT 5-6 Kebalen, Babelan sepanjang 40 meter.

Sampah di saluran yang melintas di Perumahan Babelan Mas Permai (BMP), Kelurahan Kebalen itu sudah menjadi lumpur yang tertanam rumput liar setinggi 40 sentimeter. (SAS)


TAG